Sabtu, 16 November 2013

Bioteknologi Perikanan



Nama               : Widi Indra Kesuma
Npm                : 1114111058
Jurusan            : Budidaya Perairan

            Tugas Pengantar Bioteknologi Perikanan
1.      Mengapa bioteknologi penting untuk Indonesia yang sedang membangun akuakultur?
Jawab :

Bioteknologi penting untuk Indonesia dikarenakan bioteknologi telah terbukti mampu melipat gandakan produktivitas, efektifitas, dan efisiensi produksi bahan-bahan hayati sehingga diharapkan pada Indonesia yang sedang membangun akuakultur dapat lebih mengoptimalkan produksi akuakultur tersebut. Bioteknologi perikanan tersebut merupakan suatu terobosan baru pada bidang akuakultur yang nantinya dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sementara itu, sumber utama bioteknologi perikanan merupakan kekayaan dan keaneka ragaman hayati yang hidup dalam perairan, maka dari itu Indonesia yang memiliki perairan yang luas yang dalam periaran Indonesia tersimpan sumber daya hayati dan hewani yang sangat melimpah merupakan negara yang sangat cocok sebagai potensi bioteknologi perikanan. Banyak sekali biota laut dari perairan umum Indonesia yang mengandung bahan-bahan alamiah (bioactive substances) untuk industri farmasi, kosmetika, makanan dan minuman, bioenergi, dan industri lainnya. Selain itu dengan bioteknologi ini mampu memberikan benih unggul dari rekayasa genetika sehingga hasil budidaya akuakulutur dapat memberikan keuntungan yang sangat besar. Oleh karena itu, dengan adanya bioteknologi yang mendukung akuakultur Indonesia diharapkan Indonesia mampu menciptakan industri bioteknologi perairan yang padat modal, padat teknologi, menghasilkan nilai tambah jauh lebih tinggi, dan menyerap tenaga kerja cukup besar.

2.      Sebutkan beberapa tantangan yang dihadapi oleh akuakultur saat ini dan dimasa mendatang? Jelaskan bagaimana kita menghadapinya!
Jawab :

Beberapa tantangan yang dihadapi akukultur saat ini dan dimasa mendatang :
a.       Illegal fishing
b.      Minimnya teknologi bagi nelayan kecil
c.       Adanya tengkulak atau monopoli pasar oleh pedagang besar
d.      Pencemaran perairan dan lingkungan
e.       Minimnya modal yang dihadapi oleh nelayan kecil
f.       Over fishing
Cara menghadapinya :
a.       Illegal fishing
Illegal fishing harus segera dihadapi agar tidak merugikan pihak lain. Illegal fishing harus dihadapi dengan menambahkan system keamanan pada daerah perairan. Pemerintah juga diharapkan mampu menambahkan armada keamanan pada daerah periran. Selain itu juga masyarakat mau untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam upaya menjaga wilayah parairan dari illegal fishing yang merugikan tersebut.

b.      Minimnya teknologi bagi nelayan kecil
Dalam usaha pertama diharapkan pemerintah mampu memberikan bantuan berupa peralatan dan kapal yang memadai guna meningkatkan produksi dan kesejahteraan nelayan.

c.       Adanya tengkulak atau monopoli pasar oleh pedagang besar.
Dalam hal ini perlu adanya upaya dari pemerintah untuk mengendalikan harga ikan di pasaran. Dan juga diharapkan pemrintah untuk melaksanakn operasa pasar untuk menertibkan para pedagang nakal dan ikut melindungi harga ikan, agar para petani ikan dapat menikmati hasil keuntungan yang sesuai usaha mereka.

d.      Pencemaran perairan dan lingkungan
Pencemaran harus dicegah sedini mungkin dengan cara diantaranya yaitu dengan sosialisasi pada masyarakat tentang bahaya pencemaran sehingga masyarakat tidak melakukan tindakan  yang dapat mencemari perairan atau lingkungan. Selain itu perlu adanya upaya pemerintah untuk memper tegas larangan dan sanksi tentang segala tindakan yang dapat menyebabkan pencemaran di lingkungan perairan.
e.       Minimnya modal yang diahadapi oleh nelayan kecil
Upaya yang perlu dilakukan yaitu pemerintah harus memberikan pinjaman modal untuk para nelayan kecil sehingga para nelayan tetap bisa tetap melanjutkan pekerjaannya sebagai nelayan dan mampu memproduksi ikan.

f.       Over fishing
Cara menghadapinya yaitu pemerintah harusnya memberikan keamanan lebih juga diberikan armada tambahan diperairan dan diberikan pengawasan terhadap segala jenis penangkapan ikan diperairan agar tidak terjadi over fishing.

Tidak ada komentar: